Minggu, 04 Agustus 2024

Tidak Perlu Cemas! Begini Cara Mengatasi Muka Kering Pada Bayi

Sebenarnya, para orang tua tidak perlu terlalu cemas ketika melihat kulit muka si Kecil kering atau mengelupas. Pasalnya kondisi tersebut wajar terjadi pada bayi yang baru lahir. Akan tetapi, para orang tua tetap harus mengetahui cara mengatasi muka kering pada si Kecil agar kondisi tersebut segera berakhir.

Kondisi muka kering biasanya bisa terjadi akibat menghilangnya lapisan terluar kulit bayi atau disebut juga vernix. Vernix sendiri merupakan lapisan tebal yang melindungi bayi selama dalam kandungan dan akan mengelupas dengan sendirinya karena kulit mulai beradaptasi dengan lingkungan barunya.


Nah, jika muka kering terjadi pada sang buah hati, Anda bisa mengatasi kondisi tersebut dengan beberapa cara seperti berikut ini:


  • Kurangi durasi waktu mandi si Kecil

  • Jaga suhu ruangan kamar tetap sejuk dan lembab.

  • Penuhi kebutuhan asupan cairan si Kecil (jika baru berusia dibawah 6 bulan, ASI saja sudah cukup).

  • Lindungi si Kecil dari paparan sinar matahari atau udara dingin.

  • Gunakan pakaian hangat dengan bahan yang lembut.


Selain dengan cara diatas, guna merawat dan mengatasi masalah kulit wajah kering pada bayi, Anda juga perlu untuk rutin mengoleskan pelembab pada kulit si Kecil setidaknya 2–3 kali sehari, ya! Gunakan pelembab setelah mandi pagi dan sore serta sebelum tidur dengan durasi mandi yang tidak terlalu lama. 


Jangan lupa, mengingat kulit bayi masih tipis dan sensitif, pastikan Anda memilih pelembab atau lotion bayi yang digunakan terbebas bahan kimia, ya! Hal tersebut dimaksudkan agar penggunaannya tidak menyebabkan iritasi pada kulit si Kecil.


Nah, dari sekian banyaknya pelembab bayi yang ada di pasaran, Aveeno Baby Calming Comfort Lotion bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, lotion bayi yang satu ini sudah teruji klinis mampu melembabkan serta menenangkan kulit kering dan sensitif bayi termasuk di area muka atau wajahnya. 


Selain itu aroma lavender dan vanilla yang dimilikinya pun bisa membuat si Kecil lebih fresh. Untuk cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, Anda bisa mengusapkan lotion sambil memijatnya secara lembut ke wajah dan seluruh tubuh setelah si Kecil mandi. Semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar